Game Belajar Huruf dengan Excel menggunakan macro VBA, untuk melatih anak-anak belajar baca, dengan variasi warna yang menarik.
Ada beberapa syarat dalam membuat game edukasi dengan excel yaitu macro vba harus dijalankan dengan cara mengaktifkan tab developer kemudian hasil akhir dari pekerjaan ini harus disimpan dengan format xlm.
Sebelum membuat game edukasi dengan excel ini akan saya uraikan dahulu bagaimana game ini bekerja. game ini menampilkan sederetan huruf dari A-Z, ketika hurup huruf tersebut di klik maka akan tampil kata-kata dalam bentuk wordArt, yang berukuran cukup besar sehingga anak bisa dengan mudah membaca tulisan itu. sebetulnya dasar dari pembuatan game ini adalah dari materi vlookup gambar  dalam postingan sebelumnya.

Berikut adalah 6 langkah membuat Game edukasi di Excel

  1. Buatlah Sumber data gambar, atau sheet sebagai sumber data gambar, saya arahkan dimulai dari kolom A1 Isi dengan Huruf A, Kolom A2 dengan Huruf B, lanjutkan sampai huruf Z.
  2. Masukan Rumus berikut pada Kolom B1  =MID(CELL("filename",$A$1),SEARCH("]",CELL("filename",$A$1),1)+1,LEN(CELL("filename",$A$1)))&"!"&ADDRESS(ROW(),COLUMN()+1).
  3. Buatlah Tulisan Sebagai kata yang dimulai dengan alphabet pada kolom dengan menggunakan wordart kemudian letakan tulisan tersebut pada kolom C.
  4. Membuat Nama cell dengan cara pada bagian tab formula Pilih Name Manager seperti pada gambar 1.1 kemudian ketikan nama Gambar kemudian pada bagian refer to ketikan rumus  =INDIRECT(VLOOKUP(angka,SGAME!$A$1:$C$26,2,FALSE)),  keumdian pada sheet dimana gambar akan ditampilkan buatlah nama cell angka dengan rumus =$E$1.
  5. Pada Sheet lainnya buatlah Tombol dengan cara pada tab developer pilihlah control, kemudian insert button, kemudian gantilah dengan Abjad dari A -Z.
  6. Pada bagian insert pilihlah object, kemudian akan tampil kotak dialog insert object pilihlah bitmap image,Selanjutnya kita tinggal membuat macro dengan cara pada tab developer pilihlah visual basic setelah tampil jendela visual basic pilihlah insert-module, ketikan seperti berikut
Sub A ()
cell(1,5).value="A"
end sub

buatlah rumus di atas sampai dengan Z
yang terakhir kita tinggal memasukan macro pada tombol-tombol button control dengan cara mengklik kanan button tersebut kemudian pilihlah assign macro, untuk huruf A pilihlah macro A. 
Itulah langkah-langkah Membuat game edukasi di Excel. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda.
Game Excel
Game Excel