Fungsi atau sering kita sebut rumus pada excel contohnya untuk menjumlahkan fungsinya adalah SUM, untuk mencari rata-rata fungsinya adalah Average, untuk menghitung nilai maksimal rumusnya adalah MAX.

Fungsi adalah formula siap pakai yang melakukan serangkaian operasi pada range nilai tertentu.Misalnya, untuk memperoleh total dari serangkaian angka pada sel A1 sampai dengan sel K1, anda dapat menuliskan rumus atau fungsi  =SUM(A1:K1). Fungsi excel dapat melakukan berbagai macam perhitungan untuk berbagai macam tujuan, termasuk perhitungan keuangan dan statistis.

Setiap Fungsi atau rumus pada excel terdiri dari tiga elemen berikut ini :

>> Tanda = (sama dengan), menunjukan bahwa dibelakangnya adalah fungsi (Formula).

>> Nama Fungsi, seperti SUM menunjukan operasi yang akan dilakukan

>> Daftar Alamat sel, seperti (A1:K1),merupakan data yang dikerjakan oleh fungsi atau rumus         tersebut.beberapa fungsi dapat memasukan lebih dari satu alamat sel,yang dipisahkan dengan tanda koma (misalnya A1,B1,K1).

Anda dapat memasukan fungsi ke dalam lembar kerja dengan mengetik fungsi dan referen selnya, atau dengan memilih menu Formulas setelah menu pagelayout pada excel 2007 kemudian pada tab function library terbagi dua jenis yaitu insert function dengan menampilkan kotak dialog seperti dibawah ini
rumus-fungsi-excel
Insert function
yang kedua merupakan category dari fungsi yang dapat dipilih langsung dan sintax atau tatacara penulisan rumusnya langsung ada pada sel.

Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering digunakan, antara lain :

 Fungsi
 Contoh
 Keterangan
 Average
 =Average(C4:C19)
 menghitung rata-rata sekolompok sel
 Count
 =Count(C4:C19)
 menghitung banyaknya sel yang berisi nilai pada range tertentu.
 If
 =If(G3>=100,"bonus","Tanpa bonus")
 memungkinkan anda untuk menempatkan fungsi kondisional dalam suatu sel, dari contoh itu dapat diartikan bahwa jika G3 lebih besar atau sama dengan 100 maka bonus selain itu tanpa bonus.
 Max
 Max(C4:C19)
 menghitung nilai maksimum dalam range.
 Sum
 =Sum(C4:C19)
 menghitung nilai total dari range.
 Rank
 =Rank(D4,$C$4:$C$19,0)
 menghitung rangking dari nilai D4, dari serangkaian nilai di rangeC4 samapi dengan C19 dengan aturan nilai tertinggi rangking terkecil.
 Month
 =Month(C2)
 untuk mengetahui bulan dari data yang berisi tanggal