Kekurangan dan kelebihan mengolah sawah dengan menggunakan tracktor dan kerbau. dari segi hasil, medan kerja, resiko, serta biaya produksi.

Pada zaman dahulu pengolahan tanah sawah sangatlah sederhana, namun seiring perkembangan zaman hal itu mulai bergeser, banyak alat pertanian dibuat oleh para ahli untuk memudahkan pengolahan lahan tersebut.

Saya coba membahas cara pengolahan lahan dengan alat tradisional yaitu kerbau, setelah wawancara dengan seorang tukang kerbau dan seorang anggota PPL desa Kadongdong Kec. Banjarwangi Kabupaten Garut yaitu Bp. Masrian, beliau mengatakan kemampuan kerbau dalam mengolah tanah sawah seharian yaitu 100 bata atau 1400 m2. di tempat kami jam kerja para petani dimulai dari pukul 07.00 wib sd 12.00 wib.

Kerbau sebagai alat pembajak sawah masih banyak digunakan di daerah ini. Hal tersebut terjadi karena di daerah ini lahan sawahnya berbentuk terasering serta banyak rawa.Sehingga membajak sawah dengan kerbau lebih efektif ketimbang membajak sawah dengan tracktor.

Namun seiring perkembangan jaman pula, tenaga manusia untuk buruh tani semakin kurang, serta peternak kerbau semakin kurang pula, maka pergeseran itu mulai ada. Dengan datangnya bantuan pemerintah berupa tracktor, sebagian besar petani merasa terbantu, karena tractor lebih hemat biayanya serta kerjanya lebih cepat bisa menghasilkan tiga kali lipat daripada menggunakan kerbau.

Berikut akan kami tampilkan dalam bentuk tabel tentang perbandingan pengolahan lahan sawah dengan menggunakan tracktor dan Kerbau.


 Kerbau
 Tracktor
 Bisa menjangkau semua medan
 hanya medan yang datar dan dangkal
 Nilai Jual Makin lama makin tinggi
 nilai jual makin lama makin turun
 Biaya Pemeliharaan rendah
 biaya pemeliharaan tinggi
 Hasil rendah
 hasil tinggi
 pekerjaan lambat
 pekerjaan cepat
 ongkos kerja lebih mahal
 ongkos kerja lebih murah
 Lahan yang diolah kurang bagus 
 lebih bagus karena lebih dalam

Berdasarkan tabel tersebut bisa kita simpulkan bahwa keduanya sangat bermanfaat untuk mengolah lahan sawah di daerah kami.Namun mudah-mudahan kerbau tidak pernah musnah karena selain untuk membantu petani mengolah lahan sawah, kerbau juga merupakan kebutuhan kita akan daging.

Selain itu mudah-mudahan masyarakat kita masih bersemangat untuk bertani, khususnya menanam padi karena berkat merekalah kita masih bisa memakan nasi. terima kasih bapak petani semangat terus serta tingkatkan produksi, supaya jadi petani itu merupakan profesi yang membanggakan dan menyejahterakan masyarakat.

Kerbau

tracktor

Itulah perbandingan antara Pengolahan Lahan dengan menggunakan kerbau dan dengan menggunakan tracktor. semoga bermanfaat. untuk video membajak dengan menggunakan kerbau bisa dilihat di sini.