Validasi Input data untuk menolak data bukan angka, data bukan tanggal, panjang karakter teks yang akan diinput, data belum lengkap.
Untuk membahas validasi input data kalau di microsoft excel memakai input data validation, atau kalau menggunakan macro menolak data ganda, maka kali ini saya akan mencoba menulis sebuah artikel tentang

Menolak Input Data Bukan Angka

Untuk membuat validasi menolak input data bukan angka pada input data online sangatlah mudah lebih mudah daripada dengan menggunakan macro, ini disebabkan karena kita tidak perlu membuat script vba seperti layaknya di excel macro.
  1. Bukalah google form, kemudian buat judul pertanyaan misalkan anda meminta orang lain untuk mengisi besar gaji, maka isi judul kolom pertanyaan dengan Gaji
  2. kemudian isilah teks bantuan, maksudnya teks yang digunakan untuk mengisi kotak gaji misalkan isikan pendapatan anda perbulan
  3. setelah itu pilihlah jenis pertanyaan, dan kita pilih teks kemudian di bawah jawaban mereka kita pilih setelah lanjutan, kemudian pilih validasi data kemudian pilihlah nomor, apabila kita ingin membatasi jumlah angka yang dimasukan maka kita tinggal memilih lebih dari kemudian pada kolom angka masukan angkanya.

Menolak Input Data Bukan Tanggal

Untuk menolak input data bukan tanggal dalam materi memvalidasi data pada google form sangatlah mudah yaitu kita tinggal menambahkan judul pertanyaan baru kemudian pada type data kita tinggal memilih tanggal.

Memvalidasi input data belum lengkap

Untuk menolak input data apabila penginput atau operator mengisi data belum lengkap, sehingga sistem memaksa operator untuk melengkapi dahulu data yang akan diinput sangatlah mudah, yaitu dengan cara menggeserkan symbol sebelah kanan bawah setelah tulisan wajib diisi, sehingga apabila tulisan belum lengkap maka diupayakan kita buat pesan kepada operator bahwa tulisan yang diinput belum lengkap.
itulah 3 cara memvalidasi input data online pada excel. berikut adalah gambar untuk menerangkan penjelasan di atas.

validasi input data 
untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah membuat validasi input data pada google form