Untuk membuat garis otomatis pada excel, dengan menggunakan excel vba dengan cara penulisannya 2 kode garis Range.Border.linestyle, Range.BorderAround,untuk menambahkan garis pada cells,menset warna contohnya kita akan mengeset garis pada range ("A1") pada sheet1.menggunakan VBA.
2 Kode VBA untuk Border
Adakalanya ketika kita menemukan kesulitan untuk belajar vba excel untuk mengetahui perintah yang akan kita gunakan biasanya dengan menggunakan fasilitas record macro. namun ketika kita perhatikan fasilitas tersebut terlalu panjang, dan setiap langkah yang kita lakukan terkadang di rekam oleh fasilitas record macro itu.
Saya mencoba membagi pemikiran terhadap masalah itu, dengan cara menyederhanakan tata tulis kode vba untuk membuat garis atau untuk membuat border.
Misalkan kita akan membuat garis pada range("c4:d8") untuk penulisan kode vbanya adalah sebagai berikut:
Range("c4:d8").Borders.Linestyle=XlContinuous
Dengan menggunakan  kode di atas ketika kita jalankan maka pada range tersebut sudah memiliki garis penuh, dengan ketebalan standar, sementara untuk mengatur ketebalan garisnya kita bisa menuliskannya
Range("c4:d8").Borders.Weight = xlThick
Untuk pilihan ketebalan ada beberapa pilihan yaitu :xlhairline,xlMedium,xlThick,xlThin, semuanya bisa dicoba dan diperhatikan perbedaannya dengan pilihan-pilihan itu.
Namun apabila kita memilih sebagaian garis kita bisa menentukannya satu persatu misalkan kita akan memberikan efek garis hanya pada bagian kiri saja maka penulisan bordernya berbeda, yaitu dengan menyisipkan (xlEdgeleft) setelah border sehingga penulisannya adalah sebagai berikut:
Range("c4:d8").Borders(xlEdgeleft).Linestyle=xlContinuous
Ada beberapa pilihan selain xlEdgeleft, yaitu xldiagonaldown,xldiagonalup, xledgebottom,xledgetop,xledgeright,xlInsideHorizontal, xlInsidevertikal
Apabila kita menggunakan garis satu persatu seperti itu rasanya menjemukan, ada fasilitas lain untuk menggunakan garis dengan vba yaitu BorderAround, gunanya untuk memberi efek garis luar pada area terpilih, kalau dalam fasilitas format cell itu adalah type outside.
Cara penulisannya
Range .BorderAround(LineStyleWeightColorIndexColorThemeColor)
Nama
Required/Optional
Type Data
Keterangan
LineStyle
Optional
Variant
untuk memberikan jenis gairis yang akan ditampilkan
Weight
Optional
Ketebalan garis
ColorIndex
Optional
warna garis
Color
Optional
Variant
warna garis
ThemeColor
Optional
Variant
index warna
Contoh untuk penulisan border around adalah

sheet1.Range("A1:D4").BorderAround _ 
 ColorIndex:=3, Weight:=xlThick
Demikian cara menuliskan kode vba untuk border pada microsoft excel.