Membuat daftar hadir dengan mewarnai hari minggu otomatis

Pekerjaan ini akan memudahkan kita untuk mewarnai hari minggu tanpa harus melihat kalender semua dilakukan dengan menggunakan sistem komputer dengan aplikasi yang sederhana yang sangat famlier bagi kita semua, yaitu microsoft excel.

Langkah pertama membuat untuk membuat daftar ini adalah dengan menyiapkan sebuah format daftar hadir, saya akan mencoba mebuat format sebagai berikut, nanti disesuaikan dengan kebutuhan temen-temen di lapangan.

No
Nama Siswa
Tanggal/hari

































































Tentu temen-temen sudah terpikirkan bagaimana membuat format tersebut di excel, bagi yang sudah biasa, namun bagi yang belum biasa coba dibiasakan karena lebih gampang. Tentu untuk headernya buat judulnya sendiri berdasarkan kebutuhan, namun yang menjadi hal yang pokok dalam membuat daftar hadir ini kita akan mencoba merancang tombol pengendali untuk merubah bulan dan tahun pada daftar hadir tersebut.

Pada Absensi atau daftar hadir tersebut kita harus menyediakan Sumber untuk tahun dan bulan, karena saya akan memberikan contoh dengan mengklik tahun dan bulan kita sudah bisa membuat daftar hadir tiap bulan secara otomatis.

Mungkin gambar berikut bisa membayangkan temen-temen untuk mendesain daftar hadirnya.

Dalam gambar format daftar hadir di atas ada dua buah combobox, combobox  bulan dan combobox tahun untuk membuat combobox tersebut langkahnya adalah klik tab developer pada bagian controls group klik insert, nah di sana ada gambar combobox seperti pada gambar di bawah ini

combobox daftar hadir

Buatlah sumber untuk mengisi kedua combobox tersebut pada cells yang lain atau pada sheet yang lain, sebagai sheet referensi untuk daftar hadir itu. Buatlah seperti pada gambar di bawah ini

Referensi Daftar Hadir
Pilih atau blok seluruh nama bulan tersebut kemudian pada kolom name box ganti alamat cellnya dengan bulan, lakukan hal yang sama untuk membuat alamat cell Tahun.
Setelah itu kita kembali ke format daftar hadir yang telah kita buat. Pada bagian combobox tersebut masih kosong untuk mengisinya klik kanan sehingga combobox tersebut aktip kemudian pilih format control, sehingga tampil kotak dialog berikut

kotak dialog daftar hadir
Pada bagian input range isi dengan bulan untuk combobox bulan, pada bagian cells link klik salah satu cell pada daftar hadir itu, sebagai contoh dalam latihan ini adalah cell I12, Kemudian klik ok . lakukan hal yang sama untuk membuat combobox tahun, untuk cell linknya letakan pada J12. Setelah itu buatlah rumus vlookup untuk mengisi tahun
=VLOOKUP(J2;Sheet2!A1:C12;3;FALSE)

Untuk mengisi tanggal klik pada cell H1 isi  dengan angka 1.
Kemudian pada sheet daftar hadir pada cells B3 isikan rumus berikut
=DATE(K2;I2;H2)
Pada cells C6 isi dengan rumus =B3 kemudian pada cell D6 isikan rumus =C6+1, kemudian copykan ke cell E6 sampai cell AG6
Pada bagian bawahnya yaitu pada cell C7 masukan rumus =C6 dan pada cell C8 rumusnya adalah =weekday(C5),copykan rumus tersebut ke range D5:AG7. setelah itu Blok range C5:AG5 untuk merubah tampilan agar data tersebut agar terlihat tanggalnya saja maka pilihlah Number pada tab Home sehingga tampil kotak dialog berikut.

Daftar Hadir Number


Pada bagian type ganti dengan dd untuk menampilkan tanggal dengan dua digit angka.
Sementara untuk menampilkan hari pada range C6:AG6 maka customnya isi dengan ddd agar tampil nama hari dengan format singkatan tidak lengkap seperti sen untuk senin apabila ingin tampil full maka tinggal mengetikan dddd.

Untuk mewarnai daftar hadir pada hari minggu agar pada setiap cell daftarhadir tersebut yang merupakan hari minggu berwarna merah maka lakukanlan proses conditional formatting blok dulu data daftar hadir semua siswa pada untuk proses conditional formatting lihat caranya pada postingan sebelumnya tentang conditional formatting. Hanya pada new rule masukan rumus =C$7=1 kemudian pada bagian format pilihlah warna merah.
Nah demikian membuat format daftar hadir siswa untuk bulan atau tahun dari daftar hadir tersebut kita tinggal mengganti-gantinya pada combobox tadi.