Pivot table pada microsoft excel sangatlah bermanfaat, salah satu kegunaannya adalah untuk membuat data ringkasan, untuk menganalisis data  dan menyajikan data.

Dalam contoh yang penulis buat, ada sederetan data pinjaman kelompok dengan kolom terdiri dari No,Kode Kelompok, Nama Kelompok, Nama Ketua Kelompok, Alamat Kelompok,No HP, Tanggal Pinjam dan Besar Pinjam.

Kolom-kolom tersebut merupakan informasi data yang sangat diperlukan tetapi tidak seluruh data untuk keperluan tertentu harus ditampilkan, misalnya dari kolom tersebut kita cukup menampilkan kolom No, Nama Kelompok, Tanggal Pinjam serta besar Pinjam.

Untuk permasalahan di atas ada cara mudah yaitu dengan menggunakan fasilitas Pivot table pada excel. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai cara-cara berikut

  1. Pilih data mana yang akan diolah dengan menggunakan Pivot Table
  2. Kemudian Klik menu Insert Setelah tab Home, kemudian Pilih Pivot Tabel Sehingga Tampil Kotak dialog seperti pada gambar 1.1.
  3. Pivot Tabel
  4. Pilih target data yang akan diolah pada bagian select table or range. dan untuk memulai pilih new worksheet.
  5. sehingga tampil seperti pada gambar 1.2
  6. pilihlah colom yang akan ditampilkan sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar dibawah ini
Selanjutnya anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan data bisa ditampilkan secara detail ataupun ringkasan dengan hanya menekan tombol plus (+) atau minus (-).
 untuk lebih jelasnya silahkan download video tutorialnya di youtube.