Dana Sertifikasi Cair
Dana Sertifikasi Cair

Dana yang selama ini ditunggu-tunggu alhamdulillah sudah cair. Kebahagiaan terpancar dari semua guru yang mendapatkan tunjungan dana sertifikasi, walaupun masih ada tunggakan yang belum dicairkan tahun sebelumnya.

Dana sertifikasi itu bagi seorang guru honorer sangat dinantikan, ketidakpastian pencairan membuat setiap honorer cemas apakah tunjangan sertifikasi ini akan cair?masih banyak tunjangan sertifikasi ini yang menunggak di tahun sebelumnya.

Pencairan dana sertifikasi tersebut bagi guru honorer kebanyakan dipakai untuk melunasi utang-utang yang dipakai untuk kebutuhan selama menunggu dana tersebut cair.ada yang dipakai untuk bayar cicilan motor, cicilan ke bank, atau bahkan untuk bayar utang ke warung. 

Dana sertifikasi ini merupakan dana yang diturunkan oleh pemerintah bagi guru yang sudah mendapatkan gelar S1 yang sudah lulus sertifikasi, jadi perjuangan untuk mendapatkan dana tersebut memang cukup berat karena untuk lulus S1 saja selama masa kuliah mungkin biaya yang dikeluarkan setiap bulannya melebihi dana yang didapat dari tunjungan sertifikasi tesebut.belum lagi proses PLPG yang menguras banyak pikiran dan juga biaya.

Dana sertifikasi yang cair pada periode ini sebanyak dua bulan sesuai dengan pemberkasan pada tahun 2016 yaitu pemberkasan bulan januari dan bulan februari. Jadi pemberkasan pada periode sebelumnya sudah namun pencairannya belum.banyak harapan dari para guru yang mendapatkan tunjangan tersebut untuk segera dicairkan.

Pencairan Tunjangan Sertifikasi Tahun 2016 ini khususnya di Kabupaten Garut di bawah Kemenag.ucapan terima kasih dan harapan kepada Kemenag kabupaten Garut, serta harapan untuk segera mencairkan tunggakan tunjangan sertifikasi yang belum dibayarkan.

Memang dengan alokasi dana pendidikan 20% ini sangat membantu karena membuka banyak lapangan pekerjaan, banyak tenaga honorer yang mulai merasakan kesejahteraan meskipun masih jauh dari kata cukup namun hal tersebut merupakan perbaikan, mulai adanya alokasi dana bos dan bantuan-bantuan pendidikan lainya.

Kekurangan dan kelebihan dari setiap kebijakan memang ada kalaupun banyak penyalahgunaan dari bantuan tersebut janganlah dijadikan tolak ukur untuk diberhentikan bantuan itu, tapi evaluasi dan pengawasan yang ketat yang harus ditingkatkan agar dunia pendidikan ini menjadi lebih maju.

Untuk pemerintah satu lagi program Inpassing yang direncanakan sejak dulu kami memohon untuk segera mencairkannya karena hal itu akan sangat membantu bagi kami tenaga honorer yang tidak pernah menuntut untuk diangkat menjadi PNS namun kami berharap kesejahteraan yang merata dengan PNS itu akan lebih baik.

Terima kasih kepada pembaca saran dan kritiknya diharapkan untuk senantiasa memberikan masukan kepada pemerintah melalui tulisan dan jangan lupa share kepada yang lainnya.