Data yang banyak membuat kita bingung untuk mencarinya. Penulis mencoba memberikan solusi untuk pencarian data dengan menggunakan userform pada excel. Memang ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencari data diexcel, namun penulis mencoba memberikan contoh membuat mesin pencari (search engine) dengan melalui userform. Ini merupakan cara yang termudah dari beberapa cara yang ada. Walaupun kita harus menyusunnya terlebih dahulu.
Contoh kasus yang akan penulis sajikan adalah mencari data kelompok yang akan melakukan setoran, sehingga setelah ditemukan data tersebut kita tinggal mengisi formulir setoran. Dengan metoda ini diharapkan tidak ada kesalahan penulisan data, sehingga data yang akan diolah menjadi valid.
Penulis menambahkan listbox pada userform untuk menampilkan data yang dicari. Berikut adalah desain userformnya.
gambar 1.1 Cari data menggunakan userform |
Langkah selanjutnya anda tinggal membuat macro advance filter untuk lebih jelasnya lihat code berikut
Sub advspp()
Range("tblpinjamanspp").AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
CriteriaRange:=Range("B9:C10"), CopyToRange:=Range("B15"), Unique:=True
End sub
Catatan :
Range(“tblpinjamanspp”) merupakan alamat data yang akan dicari.
Langkah untuk membuat alamat data adalah sebagai berikut :
gambar 1.2 Cari data menggunakan userform |
gambar 1.3 Cari data menggunakan Userform |
Pada bagian name isi dengan tblpinjamanspp
Pada bagian refers to ketikan rumus berikut
=OFFSET(PinjamanSPP!$B$1,0,0,COUNTA(PinjamanSPP!$B:$B),7)
Rumus tersebut berarti alamat cell dimulai dari b1 sampai kolom ke 7 sementara barisnya berdasarkan banyaknya data pada colomn B, pada sheet pinjamanspp.
Karena combobox desa namenya combobox4 double klik combobox desa pada jendela visual basic kemudian ketika kode berikut
Private Sub ComboBox4_Change()
Label22.Caption = ComboBox4.ListIndex + 1
Label22.Caption = Format(Label22.Caption, "0#")
Label23.Caption = Label21.Caption & Label22.Caption & "*"
If OptionButton11.Value = False And OptionButton12.Value = False Then
MsgBox "tentukan dulu jenis kelompoknya"
ComboBox4.Value = ""
End If
If OptionButton11.Value = True Then
Sheet9.Activate
End If
If OptionButton12.Value = True Then
Sheet10.Activate
End If
Sheet13.Activate
Sheet13.Cells.Clear
Cells(9, 2).Value = "Kode Kelompok"
Cells(9, 3).Value = "Nama kelompok"
Cells(10, 2).Value = Label23.Caption
If OptionButton11.Value = True Then
adv
End If
If OptionButton12.Value = True Then
advspp
End If
Cells(15, 2).CurrentRegion.Select
With Selection
.Name = "kelompok"
End With
ListBox1.RowSource = "kelompok"
End Sub
Sementara untuk textbox nama kelompok pada jendela visual basic ketikan kode berikut
Private Sub TextBox12_Change()
If OptionButton11.Value = True Then
Cells(10, 3).Value = "*" & TextBox12.Value & "*"
Cells(15, 2).CurrentRegion.Select
Selection.Clear
adv
End If
If OptionButton12.Value = True Then
Cells(10, 3).Value = "*" & TextBox12.Value & "*"
Cells(15, 2).CurrentRegion.Select
Selection.Clear
advspp
End If
Cells(15, 2).CurrentRegion.Select
With Selection
.Name = "kelompok"
End With
ListBox1.RowSource = "kelompok"
End Sub
Kemudian double klik listboxnya kemudian ketikan code berikut
Private Sub ListBox1_Click()
TextBox13.Value = ListBox1.Column(1)
TextBox17.Value = ListBox1.Column(0)
End Sub
Sehingga temen-temen tinggal mengisi textbox tanggal, setoran pokok dan setoran jasa. Untuk contoh filenya silahkan download disini
Post a Comment
Post a Comment